Sabtu, 26 April 2008

Membela Perempuan; Antara Hak, Peran dan Tanggung Jawab



Seruan memperluas cakrawala keterlibatan sosial perempuan muncul bertitik tolak dari kesadaran terhadap multiperan yang dimainkannya sepanjang sejarah di satu sisi, dan pengetahuan menyeluruh terhadap peningkatan kualitasnya dalam masyarakat masa kini di sisi lain.


Dalam buku ini Dr. Jaber Asfour—seorang pemikir, kritikus sekaligus ketua Pusat Penerjemahan dan ketua Komite Kebudayaan di Majelis Nasional Perempuan—menyerukan pentingnya kesadaran untuk mengatasi masalah-masalah kronis warisan masa lalu yang mencerminkan kedengkian terhadap perempuan.


Selain itu, penulis juga menegaskan pentingnya perlawanan terhadap masalah-masalah yang muncul akibat kerumitan masa kini, atau yang timbul dari upaya sebagian orang yang mencoba menyudutkan peran perempuan. Dia menegaskan bahwa masalah perempuan adalah salah satu dari banyak masalah yang paling mendesak di masa kini, yaitu masa yang marak dengan penganiayaan terhadap hak-hak perempuan serta pengurangan peran nyatanya dalam kehidupan sosial dan politik.


Dalam pembelaannya terhadap perempuan penulis mengajak kita berkeliling ke berbagai masalah, di antaranya adalah pemuliaan Islam terhadap perempuan dan pemberian hak-haknya secara sempurna, berikut celaannya terhadap orang-orang berpandangan keras dan sempit, yaitu mereka yang mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah bagi perempuan, sembari mengajak kita melihat panorama indah perjuangan kaum perempuan sepanjang sejarah yang di dalamnya mereka tampil sebagai pahlawan-pahlawan abadi yang berjuang melawan kelaliman, kediktatoran dan penjajahan.

__________________________

Dr. Jaber Asfour

- Lahir di Mahala 1944, Republik Arab Mesir. Memperoleh gelar doktor dari Departemen Bahasa Arab Fakultas Sastra-Universitas Cairo dengan predikat suma cumlaude pada tahun 1973. Mengajar di sejumlah universitas Arab dan internasional, di antaranya Universitas Cairo, Universitas Sanaa, Universitas Kuwait, Universitas Wisconsin-Madison di Amerika Serikat, Universitas Acetkohelm-Sweden, Universitas Harvard-Amerika Serikat. Menjadi pembimbing pengajaran bahasa Arab bagi orang-orang asing di sejumlah pusat studi bahasa.
- Menduduki beberapa jabatan penting, di antaranya: sekretaris jenderal Majelis Tertinggi Kebudayaan, ketua Bidang Bahasa Arab di Fakultas Sastra Universitas Cairo, dekan pembantu di Fakultas Sastra Universitas Kuwait, direktur Pusat Penerjemahan Nasional sejak 28 – 03 – 2007 M. Menjadi anggota di beberapa organisasi spesialisasi Arab, di antaranya: Majelis Nasional Perempuan, Komite Kebudayaan dan Informasi, Komite Sastra dan Studi Bahasa di Perpustakaan Alexandria sejak pembentukannya, Organisasi Sastra Mesir, Persatuan Penulis di Cairo, sekaligus anggota di berbagai Komite Arbitrasi Penghargaan Nasional Arab: State Incentive Awards di Mesir, Prize Foundation of Scientific Progress di Kuwait, Sultan al-Owais Prize di Emirates. Dan anggota Dewan Konsulatif beberapa proyek di bawah naungan UNESCO, Universitas Liga Arab dan Universitas Kuwait.
- Menjadi pembimbing bagi banyak tesis Master dan disertasi Doktoral tentang studi-studi kritik, retorika dan analisis teks.
- Aktif mengikuti konferensi-konferensi Arab dan internasional tentang sastra-kritik di berbagai ibu kota dunia.
- Memperoleh banyak penghargaan ilmiah, di antaranya: Penghargaan Buku Terbaik dalam studi kritik dari Menteri Kebudayaan Mesir (1984), Penghargaan Buku Terbaik dalam studi-studi sastra dari Kuwait Foundation for the Advancement of Science (1985), Penghargaan Buku Terbaik dalam studi-studi kemanusiaan pada Pameran Buku Internasional di Cairo (1995), Penghargaan Kebudayaan Sultan Bin Ali al-Owais dalam studi-studi sastra-kritik, dan Penghargaan dari Persatuan Perempuan Arab (2003).
- Menerbitkan beberapa karya, di antaranya 26 buku sastra, dan 5 buku terjemahan. Menjadi kontributor di 5 buku, dan menulis 78 makalah ilmiah yang sebagian besar telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dunia.
- Dr. Jaber Asfour telah banyak memberikan andil besar dalam pengembangan kebudayaan Arab, karya-karyanya menjadi rujukan penting di universitas-universitas Arab.
- Setelah meninjau karya-karyanya dan kiprahnya dalam bidang keilmuan, kebudayaan dan pemikiran, khususnya dalam dunia sastra, maka The Arab Thought Foundation-Arab Honoring Awards menganugerahkan kepadanya sebuah penghargaan agung atas upaya-upayanya dalam dunia sastra.