Selasa, 19 Februari 2008

Keajaiban Otak Manusia


Anda akan dapat mengoptimalkan otak anda hanya jika anda mengenalnya secara optimal. Buku ini membahas seluk beluk otak manusia dan kaitannya dengan organ-organ lain secara ilmiyah populer.

Cara kerja berbagai organ tubuh saling terkait secara kompleks. Berbagai bagian dalam saluran pencernaan menjalankan perannya masing-masing dengan tatanan yang sangat halus. Jantung berdenyut sebagai gabungan bagian-bagian yang sangat terpadu. Aliran darah menghubungkan berbagai bagian tubuh, mengerjakan ratusan tugas tanpa membuat pembuluh kapilernya sendiri kewalahan. Paru-paru dan ginjal merupakan dasar pertemuan yang kompleks tetapi efisien antara tubuh dan lingkungan luarnya. Jelas ada organisasi di sana.

Buku ini membahas pengorganisasian yang memungkinkan terwujudnya kehidupan multiselular, khususnya pengorganisasian yang menjadikan tubuh manusia suatu keadaan hidup yang dinamis dan bukan sekedar kumpulan sel. Otak bukan satu-satunya organ yang terlibat dalam pengoganisasian itu, namun memang organ yang paling penting. Itulah sebabnya buku ini diberi judul "Keajaiban otak manusia".

Buku ini tidak hanya membahas otak, tetapi juga seluruh organ manusia: Pangkreas, mata, telinga, hormon, refleks, saraf, tiroid, korteks adrenal, serebrum, gonad, dll. Buku ini bisa dipahami umum. Semua istilah tekhnis yang berasal dari bahasa asing diberi keterangan berasal dari bahasa mana, dan apa artinya secara etimologis. Beberpapa catatan kaki ditambahkan untuk memperjelas istilah yang digunakan. Gambar-gambar organ tubuh manusia dalam buku ini sangat menakjubkan dan dapat memperjelas keterangan penulis.

_____________________________________
Isaac Asimov meraih gelar Ph. D. dari universitas Columbia di bidang Kimia. Ia menjadi guru besar bidang Biokimia di universitas Boston. Dia telah banyak menulis buku, dari buku teks untuk mahasiswa kedokteran hingga buku tentang satelit-satelit buatan manusia bagi anak umur delapan tahun. Selain buku ini karyanya yang sangat masyhur adalah The Human Body.